Senin, 12 Oktober 2015

ARTIKEL CYBER COMMUNITY

           Pada saat ini perkembangan dunia informasi dan komunikasi sangat lah berkembang sangat pesat, apalagi dalam bidang internet khusus nya informasi, para pencari berita tidak atau para pencari informasi sudah jarang yang menggunakan media konvensional atau sudah tidak bergantung pada media konvensional seperti media cetak (koran dan majalah) dan media elektronik (televisi dan radio). Pada saat ini informasi dengan mudah di dapat dengan hanya menggunakan mesin pencari nyang tersebar di internet maupun para pemilik media konvensional pun berlomba untuk membuat media online yang memang saat ini masyarakat lebih tertarik dengan media online dan medi sosial yang dapat mengakses informasi maupun berita dengan mudah dan sangat cepat.
          Pada tulisan saya ini sayang ingin mengangkat sebuah komunitas cyber atau cyber community yang sedang banyak terjadi di kalangan masyarakat pada saat ini. sebuah pertanyaan muncul dalam benak saya apa sih communicatin of cyber community itu? dalam hal ini saya mencari jawaban dari kawan blogger lain yaitu dhimazcomm.wordpress.com. Isi jawaban dalam blog tersebut adalah Communication of cyber community adalah suatu bentuk berkomunikasi yang dilakukan mayoritas masyarakat saat ini di seluruh penjuru dunia, dengan memanfaatkan media network sebagai cara jitu untuk berpendapat,bersuara,bertukar pikiran antar sesama user dalam dunia internet tak terbatas tempat dan waktu serta dapat memupuk kekompakan dalam membahas masalah global yang sedang terjadi . Media cyber communication memiliki batasan batasan untuk mencegah supaya informasi tidak keluar jalur dan sebagai kajian ilmiah intelektual. 
dari jawaban diatas dapat saya artikan bahwa apa yang saat ini terjadi di dalam masyarakat cyber dengan ber-chating ria didunia maya termasuk dalam komunikasi antar masyarakat atau klomunitas dunia maya. Dengan kita saling bertukar fikiran dalam bentuk mengkomen suatu postingan yang di upload melalu media sosial maupun blog kita dapat "bertemu" dengan orang baru yang kita tidak bertatap muka secara langsung tetapi melalui apa yang kita posting dalam media sosial maupun dalam sbuah blog kita.
           Lalu muncul lagi pertanyaan dalam benak saya apasih keuntungan communicatin of cyber community? menurut pandangan saya manfaat apa yang bisa kita dapat dari komunikasai antar masyarakat atau komunitas dalam dunia cyber adalah kita dapat dengan mudah bertukar fikiran dengan teman kita yang kita tidak tahu seperti apa lawan bicara kita, sekaligus mungkin kita dapat dengan mudah bertukar fikiran dengan orang yang kita ajak berkomunikasi. 
        Lalu apa saja contoh riil dari cyber communication? masih dalam blog yang sama yaitu dhimazcomm.wordpress.com. Saya mengutip jawaban dari wan blog kita, yaitu 
a. Munculnya gerakan dukung Bibit-Chandra sebagai ketua KPK dan wakilnya di
facebook dan twitter.
b. Munculnya Gerakan Koin untuk Presiden, kala Presiden SBY mengeluh soal
gaji presiden yang belum naikdi jejaring social.
c. Munculnya gerakan supporter yang ingin menghendaki NURDIN HALID
untuk melepas jabatannya serta tidak mencalonkan lagi sebagai kandidat Ketua
PSSI. Dsb.
            Jadi kesimpulan yang dapat saya buat dalam tulisan  ini adalah bahwa cyber community ikut berperan serta dalam menyebarkan berbagai informasi yang kita ingin kan, tetapi bagaimana pun dalam dunia cyber tetntu ada juga kekurangan yang kita dapatkan. so, bagaimanapun kita hebat dalam berkomunikasi dengan sesama kita tentu harus bijak menggunakan media sosial dalam dunia maya jangan sampai dapatr merugikan kita sendiri selaku pelaku dunia maya.
                                                                     ACHMAD FAHLAN (132050024)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar