PENGERTIAN dan
KARAKTERISTIK MEDIA ONLINE
Media Online (Online Media) --disebut juga Digital Media--
adalah media yang tersaji secara online di internet. Pengertian Media Online
dibagi menjadi dua pengertian:
1. Pengertian Umum Media Online
Pengertian Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau
format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto,
video, dan suara.
Dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai
sebagai sarana komunikasi secara online. Dengan pengertian media online secara
umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media
sosial (social media) masuk dalam kategori media online.
2. Pengertian Khusus Media Online
Pengertian Media Online secara khusus yaitu terkait dengan pengertian
media dalam konteks komunikasi massa. Media --singkatan dari media komunikasi
massa-- dalam bidang keilmuan komunikasi massa mempunyai karakteristik
tertentu, seperti publisitas dan periodisitas.
Pengertian media online secara khusus adalah media yang
menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online.
Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan
Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012) mengartikan media online sebagai
berikut:
Media online (online media) adalah media massa yang tersaji
secara online di situs web (website) internet.
Masih menurut Romli dalam buku tersebut, media online adalah
media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed
media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik
(electronic media) –radio,
televisi, dan film/video.
Media Online merupakan produk jurnalistik online.
Jurnalistik online –disebut juga
cyber journalisme–
didefinisikan wikipedia sebagai “pelaporan
fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet”.
Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media
berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk
kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio
online, TV online, dan email.
Karakteristik Media Online
Karakteristik dan keunggulan media online dibandingkan ”media konvensional” (cetak/elektronik) antara
lain:
Kapasitas luas –halaman
web bisa menampung naskah sangat panjang
Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana
saja.
Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan
penyajian.
Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan
saja.
Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom
komentar, chat room, polling, dsb.
Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data”
(arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”,
dan fasilitas ”cari” (search).
Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan
dengan informasi tersaji. Sumber : www.romelteamedia.com
Pengertian Media Online menurut Ashadi Siregar (dalam
Kurniawan, 2005: 20): Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk
media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet).
Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers
online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan
fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya.
Situs berita merupakan salah satu sub-sistem dari media
online. Penyebutan media online dikalangan beberapa ahli media cukup beragam.
Salah satu peneliti dan ahli media dari Universitas Texas, Amerika,
bernama Lorie Ackerman, menyebut media
online sebagai bentuk “penerbitan
elektronik”. “The term electronic publishing is used to convey a
variety of ideas . Most broadly, it prefer to the use of computers in the
composing, editing, typesetting, printing, or publication-deliveredprocess”
Salah satu desain media online yang paling umum
diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs
berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan
pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka
fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya.
Karakteristik Media Online
Lebih lanjut tentang media online berupa portal informasi
ini, Iswara (2001) menjelaskan karakteristik umum yang dimiliki media jenis
ini, yaitu:
Kecepatan (aktualitas) informasi
Kejadian atau peristiwa yang
terjadi di lapangan dapat langsung di upload ke dalam situs web media
online ini, tanpa harus menunggu hitungan menit, jam atau hari, seperti yang
terjadi pada media elektronik atau media cetak. Dengan demikian mempercepat
distribusi informasi ke pasar (pengakses), dengan jangkauan global lewat
jaringan internet, dan dalam waktu bersamaan .dan umumnya informasi yang ada
tertuang dalam bentuk data dan fakta bukan cerita.
Adanya pembaruan (updating) informasi
Informasi disampaikan secara terus menerus, karena adanya
pembaruan (updating)informasi. Penyajian yang bersifat realtime ini menyebabkan
tidak adanya waktu yang diiistemewakan (prime time) karena penyediaan informasi
berlangsung tanpa putus, hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.
Interaktivitas
Salah satu keunggulan media online ini yang paling
membedakan dirinya dengan media lain adalah fungsi interaktif. Model komunikasi
yang digunakan media konvensional biasanya bersifat searah (linear) dan
bertolak dari kecenderungan sepihak dari atas (top-down). Sedangkan media
online bersifat dua arah dan egaliter. Berbagai features yang ada seperti
chatroom, e-mail, online polling/survey, games, merupakan contoh interactive
options yang terdapat di media online. Pembaca pun dapat menyampaikan keluhan,
saran, atau tanggapan ke bagian redaksi dan bisa langsung dibalas.
Personalisasi
Pembaca atau pengguna semakin otonom dalam menentukan
informasi mana yang ia butuhkan. Media online memberikan peluang kepada setiap
pembaca hanya mengambil informasi yang relevan bagi dirinya, dan menghapus
informasi yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas informasi dan sensor berada
di tangan pengguna (self control).
Kapasitas muatan dapat diperbesar
Informasi yang termuat bisa dikatakan tanpa batas karena
didukung media penyimpanan data yang ada di server komputer dan sistem global.
Informasi yang pernah disediakan akan tetap tersimpan, dan dapat ditambah kapan
saja, dan pembaca dapat mencarinya dengan mesin pencari (search engine).
Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)
Setiap data dan informasi yang disajikan dapat dihubungkan
dengan sumber lain yang juga berkaitan dengan informasi tersebut, atau
disambungkan ke bank data yang dimiliki media tersebut atau dari sumber-sumber
luar. Karakter hyperlink ini juga membuat para pengakses bisa berhubungan
dengan pengakses lainnya ketika masuk ke sebuah situs media online dan
menggunakan fasilitas yang sama dalam media tersebut, misalnya dalam chatroom,
lewat e-mail atau games.
Sumber : Cekiwir.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar