Selasa, 15 Desember 2015

press release

DEFINISI PRESS RELEASE

Press release adalah pseudo news story (peristiwa yang diberitakan adalah peristiwa yang diciptakan oleh public relations) yang berupaya meyakinkan editor atau reporter akan adanya nilai berita dari seseorang, peristiwa, barang atau jasa yang diinformasikan; press release secara sederhana merupakan pernyataan yang sudah dirancang sebelumnya untuk didistribusikan di media massa. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang berguna, akurat, dan menarik kepada media massa. Jadi, pada dasarnya press release merupakan berita tentang poerusahaan (individu, kegiatan, pelayanan atau produk). Berita tersebut dikirimkan atau disiarkan ke media (pers), sehingga disebut juga siaran pers atau news-release.
Sumber : Kriyantono, Rachmat. 2012. PR Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Edisi ke-2. Jakarta: Kencana.
Press release adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations (Humas) suatu organisasi/perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers/redaksi media massa (tv, radio, surat kabar, majalah) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.
Sumber : Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Press release adalah jenis informasi yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan bagi kalangan investor, analis saham, atau media massa (jurnalis). 
Sumber: Raharjo, Sapto. 2006. Kiat Membangun Aset Kekayaan. Jakarta: Gramedia.
Press release is a public relations announcement issued to the news media and other targeted publications for the purpose of letting the public know of company developments. (Sebuah pengumuman public relations yang disebarkan kepada media berita dan penerbitan-penerbitan lain yang ditargetkan dengan tujuan agar khalayak mengetahui perkembangan perusahaan)
Sumber: Indrasafitri, Dina. 2000. Bekerja Sebagai Public Relations. Jakarta: Erlangga Group.
Press release adalah berita yang disiapkan oleh individu dan organisasi yang mencari publisitas.
Sumber: Rolnicki, Tom E. 2008. Pengantar Dasar Jurnalisme. Jakarta: Prenada media grup.


CONTOH PRESS RELEASE

 LATTE GRAHA THANKS TO NATURE, LAUNCHING KEMASAN FSC
Thanks to Nature yang berlangsung beberapa tahun terakhir, akan kembali diadakan untuk membuktikan komitmen PT Latte Graha dengan berperan aktif dalam gerakan peduli lingkungan sekaligus launching kemasan Ultra Latte dan 100% Teh yang bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). Acara ini akan diadakan pada 13 – 14 Maret 2014 di Gunung Pancar, Bogor. 
Pada tahun 2014, PT Latte Graha kembali meningkatkan semangat Thanks to Nature dan berkomitmen peduli lingkungan untuk merawat, menghargai, dan melindungi alam dengan tindakan nyata. Kemasan Ultra Latte dan 100% Teh yang bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) ini menandakan bahwa kemasan produk Latte Graha berasal dari kayu-kayu dan material yang diolah secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan.
Adapun kegiatan untuk memeriahkan program ini, seperti Outdoor Festival Thanks to Nature, Eco bazar, pameran foto dan film, workshop interaktif, dan acara Art & Music yang juga didukung oleh beberapa musisi tanah air, seperti Endah & Ressa, Matthew Sayers, Ayu Laksmi, Glenn Fredly, dan Acil Bimbo. Selain itu, adanya rangkaian kegiatan bersepeda bersama, serta tersedianya fasilitas camp untuk satu malam.
Acara ini diselenggarakan sebagai kerjasama antara PT Latte Graha dan WWF, Katahati Institute, Greendmusic Foundation, dan Greenpeace. Dengan mengundang lembaga-lembaga masyarakat seperti Bandung Berkebun, Lubang Jarum Community, dan Pusat Mainan Rakyat. Semangat Thanks to Nature jelas terlihat melalui antusiasme peserta yang mendaftar melebihi target.
PT Latte Graha berharap Thanks to Nature dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak baik itu individu, organisasi, perusahaan ataupun pemerintah untuk mengubah pola pikir dan tingkah laku masyarakat terhadap alam.
 sumber : http://fitriaadianti.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar